Senior Telecom Analyst

Senior Telecom Analyst bekerja untuk memberikan solusi dan layanan telekomunikasi ahli kepada pengguna yang mengalami masalah teknis. Selain itu Senior Telecom Analyst juga akan membantu meningkatkan produktivitas dan meminimalkan biaya dengan mengkoordinasikan perencanaan, administrasi, dan pelaksanaan layanan telekomunikasi. Posisi Senior Telecom Analyst biasanya diberikan kepada orang-orang yang telah memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Beberapa perusahaan biasanya akan melihat/mengangkat seseorang sebagai Senior Telecom Analyst ketika telah memiliki pengalaman kurang lebih 10 tahun. Nantinya seorang Senior Telecom Analyst akan mengelola atau mengepalai suatu tim analis pada suatu perusahaan.

Senior Telecom Analyst dapat bekerja pada beberapa bidang telekomunikasi, atau menjadi spesialisasi pada satu bidang tertentu. Ketika terjadi masalah telekomunikasi, disitu peran analis akan dibutuhkan untuk menemukan masalah dan memberikan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut. Setelah itu, biasanya mereka akan membuat suatu tindakan pencegahan untuk memastikan masalah tersebut tidak akan terulang kembali. 

Seorang Senior Telecom Analyst dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan praktik terbaik dalam industri mereka. Pemeriksaan pemeliharaan rutin, pemecahan masalah, pembuatan laporan, dan pencatatan informasi adalah aspek inti dari peran sebagai seorang analis. 

Peran dan Tanggung Jawab Senior Telecom Analyst

Peran dan tanggung jawab suatu pekerjaan biasanya dapat berbeda tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja, begitupun peran dan tanggung jawab seorang Senior Telecom Analyst. Namun peran dan tanggung jawab seorang Senior Telecom Analyst adalah sebagai berikut:

  • Mencari dan menemukan masalah jaringan, sistem atau teknologi
  • Mempelajari suatu masalah hingga ke akarnya. Mengembangkan laporan secara rinci dan grafik analisis pada setiap masalah. Serta membuat solusi untuk semua masalah jaringan, sistem atau teknologi.
  • Merangcang solusi pencegahan agar suatu masalah tidak terulang Kembali.
  • Menciptakan system dan peralatan telekomunikasi masa depan.
  • Mempertahankan teknologi saat ini, analisis dan memastikan semuanya berjalan lancar tanpa masalah, serta mengoptimalkan semua system dan layanan.
  • Mengawasi strategi telekomunikasi di seluruh perusahaan yang berfokus pada pengoptimalan sistem masa depan.
  • Mengelola implementasi PBX untuk semua lokasi.
  • Bekerjasama dengan manajer, kontraktor, vendor PBX, dan operator untuk memastikan bahwa semua proyek diselesaikan dengan cepat dan efisien.
  • Memberikan konsultasi kepada klien untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan telekomunikasi mereka.
  • Memberikan pelatihan pengguna dalam menggunakan dan memelihara sistem, jaringan, dan peralatan.

Skill yang Diperlukan Senior Telecom Analyst

  • Keterampilan analitis: mampu memeriksa data, jaringan, dan sistem untuk menemukan masalah serta solusi.
  • Berorientasi pada Detail: analisis adalah semua tentang detail. Analis telekomunikasi harus mampu membuat, memahami, dan mengeksekusi dengan presisi, menggunakan informasi rinci.
  • Keterampilan kepemimpinan: sebagai analis senior, Anda perlu menunjukkan kepemimpinan kepada rekan kerja Anda. 
  • Keterampilan interpersonal: berjalan seiring dengan kemampuan kepemimpinan, analis senior harus mampu bekerjasama dengan berbagai jenis pekerja. Keterampilan komunikasi verbal, pribadi, dan tertulis sangat penting.
  • Keterampilan organisasi: dalam lingkungan yang begitu kompleks, organisasi sangat penting bagi para analis. Dalam posisi kepemimpinan senior di mana manajemen karyawan diperlukan, organisasi bahkan lebih penting.
  • Pengetahuan teknis: analis telekomunikasi senior harus berpengalaman dengan berbagai teknologi. Pengetahuan tentang Avaya dan PBX sangat penting.

Leave a Comment