Hampir semua bisnis membutuhkan tenaga helpdesk officer atau petugas helpdesk. Dalam konteks IT, helpdesk adalah departemen dalam perusahaan atau organisasi yang bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan teknis para penggunanya. Sebagian perusahaan IT besar menyiapkan helpdesk untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan mereka.
Pertanyaan dan jawaban biasanya akan diterima dan dikirimkan lewat email, telepon, situs, atau obrolan online. Selain itu, ada juga helpdesk internal yang ditujukan untuk memberikan bantuan yang sama. Hanya saja ruang lingkupnya hanya mencakup bagian internal perusahaan (untuk karyawan/staf saja).
Untuk menyediakan layanan IT helpdesk yang mumpuni tidak hanya dibutuhkan keterampilan teknis saja, tetapi juga dibutuhkan soft skills tertentu. Lalu, apa saja skill yang sebaiknya dimiliki oleh seorang IT helpdesk? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!
Skill Komunikasi
Kemampuan berkomunikasi dengan baik dan efisien merupakan keterampilan yang vital dalam kehidupan profesional dan sosial seseorang. Seorang staf IT helpdesk adalah titik kontak pertama yang akan dihubungi oleh pelanggan. Ini mengharuskan mereka untuk dapat berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Hal tersebut penting demi membangun hubungan pelanggan dan memanfaatkannya untuk mendukung kesuksesan bisnis.
Skill Analisis
Sebagai personel IT helpdesk, staf tersebut harus mampu memvisualisasikan, mengumpulkan informasi yang akurat, mengartikulasikan, melakukan analisis, sekaligus menangani masalah yang kompleks. Ini penting untuk memastikan produktivitas dan fungsionalitas di area lain berjalan dan berfungsi dengan baik.
Skill dalam Manajemen Proyek
Staf yang mampu melaksanakan dan mengelola proyek dalam berbagai cakupan dan melakukan segalanya tepat waktu adalah aset yang berharga bagi sebuah tim. Begitu juga seseorang yang memiliki inisiatif serta mampu menggunakan perangkat lunak manajemen proyek yang canggih maupun peralatan lain. Mereka akan membuat proses kerja menjadi lebih mudah dan terorganisasi. Mereka inilah staf IT helpdesk yang akan jadi sumber kekuatan bagi perusahaan.
Skill dalam Bidang Cybersecurity
Dengan ancaman dunia maya yang terus berkembang saat ini, skill di bidang cybersecurity sangat penting bagi perusahaan untuk melindungi data penting dari akses yang tidak sah. Dengan memiliki tenaga IT helpdesk yang mampu mengelola cybersecurity dengan baik serta mengidentifikasi ancaman dan kemungkinan serangan, ini akan membantu menyelamatkan pelanggan dan perusahaan sekaligus.
Skill di Bidang Software dan Hardware
Berbagai hal tentang komputer, gadget, dan internet adalah teknologi yang kompleks. Staf IT helpdesk harus mengetahui cara untuk memperbaiki dan mendeteksi masalah di server dan mencari cara untuk membuatnya kembali berfungsi normal. Mereka juga bertugas melakukan maintenance untuk mencegah berbagai perangkat mengalami kerusakaan dan mengganggu proses bisnis.
Selanjutnya, IT helpdesk diharapkan mampu mengajar dan membimbing anggota lain untuk dapat ikut berperan aktif dalam pemecahan masalah.
Skill dalam Manajemen Database
Saat ini, banyak perusahaan di dunia berusaha menciptakan inisiatif baru. Mereka senantiasa melakukan evaluasi secara berbagai untuk memastikan strategi mereka sudah sesuai dengan memanfaatkan database.
Kemampuan untuk mengelola serta menggunakan data secara efektif, memahami konsep desain database dan kebutuhan klien, serta kemauan untuk mengeksplorasi pendekatan kreatif dengan menggunakan data adalah salah satu kualitas penting yang harus dimiliki oleh seorang staf IT helpdesk.
Tidak bisa dimungkiri bahwa industri IT memiliki tingkat persaingan yang ketat dalam hal keterampilan teknis dan sertifikasi pelatihan. Seorang staf yang memahami cara interaksi komputer dengan manusia dan mampu mencocokkan pemikirannya dengan mesin tentu sangat berharga bagi sebuah bisnis.
Namun, ketika terjun ke dunia industri, kompetensi yang dibutuhkan tidak hanya itu. Staf tersebut juga harus memahami dengan baik kebutuhan pelanggan. Karena kualifikasinya yang kompleks, menemukan staf IT helpdesk yang memenuhi syarat memang tidak mudah.
PT. NPS Pemuda Berdikarisma melalui layanan IT Outsourcing Service siap membantu Anda menemukan staf IT helpdesk terbaik. Layanan kami termasuk proses rekrutmen, administrasi bulanan rutin, serta pengembangan dan manajemen karyawan. Simak informasi lengkapnya di sini!