Apakah Anda juga salah satunya? Mungkin hal ini terjadi karena beberapa pelaku bisnis masih belum memahami Help Desk dengan tepat atau belum mendapatkan informasi yang cukup terkait keuntungan dari menggunakan jasa IT Help Desk.
Tentunya bukan hal yang salah, karena saat ini kita akan mempelajari bersama-sama mengenai definisi dan keuntungan menggunakan jasa IT Help Desk, terlebih pada tugas Anda sebagai seorang HR maupun pengembangan usaha Anda.
Definisi IT Help Desk
Help desk merupakan layanan sumber daya yang memberi informasi dan dukungan kepada pengguna dari produk dan layanan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau lembaga. Layanan Help Desk umumnya digunakan untuk memecahkan masalah atau memberikan panduan tentang produk seperti komputer, peralatan elektronik, makanan, pakaian, atau perangkat lunak.
Umumnya perusahaan biasanya memberikan fasilitas help desk kepada pelanggan dan stakeholder melalui berbagai saluran. Dengan berkembangnya layanan digital komunikasi, maka Help Desk yang berbasiskan IT, atau IT Help Desk, memberikan layanan melalui nomor bebas pulsa, pesan instan, email, maupun aplikasi atau situs web helpdesk.
Help desk yang semakin berkembang, terlebih dengan teknologi berbasis internet menunjukkan contoh nyata fiturnya, seperti pada aplikasi atau situs web yang digunakan untuk bertanya tentang produk maupun layanan bisnis.
Banyak Bisnis Membutuhkan IT Help Desk
Setiap bidang bisnis memiliki stakeholder eksternal yang tentunya memiliki kepentingan tertentu terkait bisnisnya, khususnya pada pelanggan. Dengan adanya help desk, stakeholder diberikan ruang untuk menyampaikan pertanyaan, keluhan, kritik, dan saran dari pelanggan.
Jika sebelumnya bidang relasi dengan stakeholder atau stakeholder relationship biasanya dilakukan melalui telepon atau email, maka dengan seiring berkembangnya teknologi, banyak bidang bisnis tertarik pada penggunaan sistem help desk berbasis internet dalam bentuk aplikasi, software maupun yang terintegrasi dalam website atau cloud.
Dengan mengimplementasikan software help desk pada bisnis, maka Anda mengurangi dampak negatif dari masalah atau perubahan yang tidak terduga. Pertanyaan dan keluhan yang diberikan oleh pelanggan merupakan data dan informasi yang dapat dijadikan bahan bagi direksi untuk mengevaluasi kritik saran dari pelanggan. Melalui hal ini, maka perubahan kebijakan dapat dibuat untuk merespons pendapat dari pelanggan Anda.
Manfaat IT Help Desk
Jika anda tertarik pada integrasi sistem stakeholder relationship pada bisnis sehingga dapat memberikan solusi secepat dan seefisien mungkin, maka Anda memerlukan IT Help Desk. Terlebih IT Help Desk memiliki manfaat berikut yang dapat Anda pertimbangkan:
- Kepuasan pelanggan, di mana IT Help desk membantu meningkatkan kepuasan pelanggan terlebih jika Anda merespons secara aktif, konsisten membantu pengguna, dan bekerja ekstra dalam pemberian dukungan teknis.
- Peningkatan kualitas produk, di IT mana Help desk berfungsi sebagai layanan pertama dalam merekam keluhan pelanggan dan masalah, sehingga Anda dapat mengevaluasi kualitas produk dan layanan menjadi lebih baik.
- Peningkatan produktivitas, di mana IT Help Desk membantu melakukan tugas-tugas manajemen dan solusi pengaduan tepat sesuai dengan prosedur pengaduan yang telah dibuat.
- Penghematan biaya, di mana IT Help Desk membantu Anda dapat membuat prosedur yang tepat dan layak dilaksanakan sehingga menghasilkan penghematan biaya bagi perusahaan dalam jangka panjang.
***
ITSources merupakan salah satu solusi bisnis baru PT NPS Pemuda Berdikarisma yang fokus pada penyediaan layanan Business Process Outsourcing IT atau IT Contract Resources. Sejak 2016, Kami memiliki pengalaman melayani pelanggan dari bisnis kecil hingga perusahaan dan pelanggan global di banyak industri. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan, pengetahuan dan pengalaman terkait solusi terbaik berdasarkan kebutuhan bisnis yang berkelanjutan.