IT support specialist adalah seorang tenaga profesional yang terampil dengan latar belakang mumpuni di bidang komputer dan perangkat lunak. Seseorang yang memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan skill komputer tingkat lanjut bisa menjadi seorang IT support specialist.
IT support specialist merupakan tenaga penting yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang ada di Indonesia dan dunia. Simak lebih lanjut mengenai pengertian, tugas, skill, serta sertifikasi yang harus dimiliki oleh seorang IT support specialist berikut ini!
Pengertian IT Support Specialist
Seorang staf IT support specialist bertanggung jawab menganalisis, memecahkan masalah, dan mengevaluasi masalah yang berhubungan dengan teknologi. Peran ini mencakup pemberian dukungan pada klien internal, membantu karyawan agar tetap produktif, serta membantu pelanggan eksternal perusahaan lewat telepon atau web chatting.
Beberapa staf mungkin akan ditugaskan untuk memberikan instruksi kepada konsumen tentang cara menggunakan program khusus yang disediakan oleh perusahaan. Ada juga yang ditugaskan untuk bekerja sama dengan teknisi lain dalam menyelesaikan berbagai masalah IT.
Ada pula staf spesialis lain yang mungkin bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan sederhana dari pelanggan nonbisnis. Misalnya saja, memperbaiki kembali koneksi internet atau memecahkan masalah produk IT rumahan seperti router Wi-Fi.
Tugas IT Support Specialist
IT support specialist merupakan posisi yang banyak dicari oleh perusahaan karena fungsinya sangat penting dalam kegiatan operasional harian. Tidak hanya oleh perusahaan IT, tetapi perusahaan lain yang menggunakan IT dalam aktivitas mereka. Beberapa tugas yang akan dilakukan oleh seorang IT support specialist adalah:
- Membantu pengguna dalam memecahkan masalah umum yang berhubungan dengan komputer/teknologi.
- Membalas permintaan layanan teknologi informasi, pertanyaan, keluhan, perbaikan, dan support.
- Merujuk pesan atau panggilan dari pengguna ke personel IT yang bertanggung jawab atas persoalan tersebut.
- Membuat rekomendasi untuk meningkatkan sistem komputer yang mendukung bisnis.
- Menerapkan software terbaru untuk bisnis dan produktivitas.
- Melatih staf tentang software, sistem, dan cara terbaik menggunakan serta mengelolanya.
- Melakukan maintenance dan backup security database.
Skill yang Wajib Dimiliki oleh IT Support Specialist
Seorang IT support specialist adalah ahli teknologi yang bisa mengatasi masalah komputer degan baik. Selain itu, beberapa skill lain yang juga perlu dimiliki adalah:
- Kemampuan berpikir analitis
- Kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan atau in-house users
- Kemampuan berpikir kreatif
- Kemampuan untuk melakukan berbagai hal secara terorganisasi
- Memiliki kesabaran dan profesionalisme dalam menjalankan tugas
- Memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah
- Memiliki kemampuan teknis terkait software dan hardware komputer.
Jenis Sertifikasi untuk Mendukung Karier Seorang IT Support Specialist
Untuk mendukung karier di bidang IT support, ada beberapa sertifikasi yang perlu dipertimbangkan untuk dimiliki oleh seorang IT support specialist yakni:
- CompTIA A+. Sertifkasi ini berguna untuk memverifikasi kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah baik pada jaringan, sistem operasi, perangkat seluler, dan keamanan.
- CompTIA Network+. Sertifikasi ini berfokus pada konsep jaringan dan memverifikasi kemampuan seseorang untuk merancang, mengelola, dan memecahkan masalah berbagai jaringan kabel dan nirkabel.
- CompTIA Security+. Memperoleh sertifikasi CompTIA Security+ memverifikasi bahwa seseorang memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi sistem yang aman dan mematuhi semua undang-undang dan peraturan yang diperlukan. Ini menegaskan bahwa orang tersebut memahami konsep keamanan jaringan termasuk manajemen risiko.
Itulah berbagai informasi mengenai IT support specialist beserta skill dan sertifikasi yang sebaiknya dimiliki. Untuk mendukung semua tugas yang ada, penting bagi perusahaan Anda memilih seorang IT support specialist yang kompeten.
PT. NPS Pemuda Berdikarisma melalui layanan IT Outsourcing Service siap membantu Anda menemukan IT support specialist yang andal. Kami akan membantu mulai proses rekrutmen, administrasi rutin bulanan, hingga manajemen dan pengembangan karyawan. Cek informasi lengkapnya lewat tautan ini.